Rabu, 25 Februari 2015

Menjalankan,menutup,fasilitas microsoft word 2010

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang mempunyai kemampuan proses pengetikan, formatting, penghapusan, penyimpanan dan sampai pencetakan dokumen.
Tampilan layar kerja dari micosoft word 2010 seperti pada gambar berikut.

2.Membuka & Menutup Dokumen

Berikut ini akan menerangkan setiap icon-icon atau perintah yang terdapat pada Ms. Word 2010.

Membuka Dokumen Baru

Untuk membuka dokumen baru dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :
1. Menggunakan kombinasi tombol Crtl+ N (Dalam hal ini menekan tombol Crtl bersamaan dengan menekan tombol huruf N)
2. Pilih Tab File, kemudian pilih New dan yang terakhir adalah pilih Blank Documents ()
3. Langsung menekan symbol blank documents () yang terdapat pada bagian atas kiri dokumen. Jika belum ada, dapat ditampilkan dengan cara mencentang menu new pada customize quick access toolbar seperti pada gambar.

Menyimpan Dokumen

Setelah melakukan pengetikan suatu dokumen, maka diperlukan penyimpanan terhadap dokumen yang sudah dibuat. Sehingga jika suatu ketika doumen tersebut dibutuhkan, maka dokumen dapat dibuka kembali. Cara menyimpan dokumen ada beberapa cara, yaitu :
1. Menggunakan kombinasi tombol Ctrl+S
2. Pilih tab File, pilih Save
3. Langsung menekan symbol Disket pada bar kiri atas dokumen.
Jika dokumen belum pernah disimpan, maka akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut.
Langkah yang harus dilakukan adalah :
a. Menentukan lokasi penyimpanan, yaitu di Drive mana dokumen akan disimpan.
b. Memberi nama file pada dokumen.
c. Memilih type atau ekstensi dari file yang dibuat. Secara standart, Microsoft word 2010 akan memberikan pilihan .DOCX
d. Tekan tombol SAVE ()

Menyimpan Dokumen Dengan Nama Lain

Hal ini biasanya dilakukan untuk memberikan nama lain ataupun merubah type ekstensi terhadap dokumen yang sudah pernah tersimpan. Langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Pilih tab File
b. Pilih Save As. Akan muncul tampilan kotak dialog save as seperti pada gambar
c. Pada file name : ketik nama baru yang diinginkan
d. Dapat juga dilakukan perubahan type dokumen yang ada
e. Jika sudah lengkap, dapat ditekan tombol SAVE ()

Membuka Dokumen yang sudah pernah disimpan

Untuk membuka dokumen yang sudah pernah disimpan dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :
a. Menekan symbol open () yang ada pada pojk kanan sebelah kiri
b. Pilih tab File kemudian pilih menu Open (). Akan muncul kotak dialog seperti pada gambar
Hal selanjutnya yang dilakukan adalah:
c. Memilih nama dokumen yang akan dibuka.
d. Jika sudah ketemu, tekan tombol OPEN ().

Menutup Dokumen

Untuk mengakhiri atau menutup dokumen yang sedang aktif dapat dilakukan dengan cara: Memilih Tab File , kemudian pilih tombol CLOSE ()

Menutup Aplikasi

Untuk keluar dari Microsoft Word 2010 dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :
a. Memilih Tab File, kemudian pilih tombol EXIT ()
b. Menekan symbol EXIT ( ) yang ada di pojok kanan atas dokumen.

3. Editing Dokumen

Pada Microsoft Word 2010, tampilan menu dibagi dalam beberapa bagian yang disebut dengan tab. Terdapat 9 tab yang bisa digunakan yaitu : File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View dan Acrobat. Tampilan menu dapat dilihat pada gambar berikut
Penjelasan dari masing-masing tab sebagai berikut.

Tab File

Tab File merupakan fitur baru yang disediakan oleh Microsoft Word 2010 yang tidak disediakan Microsoft word versi 2007. Tab File berisi perintah-perintah umum yang dilakukan terhadap suatu dokumen. Tampilan tab File dapat dilihat pada gambar

Tab Home

Pada bagian ini, terdapat 5 bagian yang berhubungan dengan pengolahan standart dokumen. Tampilan Tab Home dapat dilihat pada gambar
Penjelasan dari gambar sebagai berikut :
  • Clipboard
Pada tab Clipboard, disediakan fasilitas untuk melakukan kegiatan copy, cut, paste dan format painter. Tampilan dari menu clipboard dapat dilihat pada gambar
Keterangan dari masing-masing simbol sebagai berikut :
A. Copy
Simbol copy () digunakan untuk menyalin teks atau dokumen ke tempat baru.
B. Cut
Simbol cut () digunakan untuk memindah teks atau dokumen ke tempat baru.
C. Paste
Simbol paste () digunakan untuk menempatkan hasil dari copy atau cut teks atau dokumen.
D. Format Painter
Simbol format painter () digunakan untuk meng-copy hasil dari melakukan format terhadap suatu teks atau dokumen.
  • Font
Pada tab Font, pengaturan dititik beratkan kepada pengolahan terhadap teks yang sedang aktif dikerjakan. Yang termasuk di dalam fitur font dapat dilihat seperti pada gambar
Keterangan dari masing-masing symbol sebagai berikut:
A. Bold
Tombol Bold () digunakan untuk membuat tulisan menjadi tebal.
B. Italic
Tombol Italic () digunakan untuk membuat tulisan menjadi miring.
C. Underline
Tombol Underline () digunakan untuk membuat tulisan menjadi miring.
D. Font
Tombol Font () digunakan untuk memilih jenis huruf yang digunakan. Jenis huruf yang disediakan microsoft word sangat banyak, diantaranya dapat dilihat pada gambar
E. Font Size
Tombol Fontsize () digunakan untuk merubah ukuran huruf yang digunakan. Font yang disediakan microsoft word sampai 72 point. Pilihan font dapat dilihat pada gambar
F. Font Color
Tombol Font Color () digunakan untuk memberikan warna pada tulisan yang digunakan. Warna yang disediakan dapat dilihat pada gambar
Untuk pengaturan font lebih detail, dapat dilihat pada menu Font Detail seperti gambar
Pada gambar diatas terdapat pilihan untuk pemberian efek pada tulisan, misalnya Strikethrough yang digunakan untuk memberikan coretan garis pada teks yang dipilih.
  • Paragraph
Pada bagian ini, terdapat bagian-bagian yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
A. Align Text Left
Tombol FontColor () digunakan untuk mengatur paragraf menjadi rata kiri.
B. Center
Tombol FontColor () digunakan untuk mengatur paragraf menjadi rata tengah.
C. Align Text Right
Tombol FontColor () digunakan untuk mengatur paragraf menjadi rata kanan.
D. Justify
Tombol FontColor () digunakan untuk mengatur paragraf menjadi rata kanan dan rata kiri.
E. Bullet
Simbol Bullet () digunakan untuk memberikan tanda atau symbol pada teks yang dipilih. Bentuk symbol yang dipakai dapat dipilih sesuai dengan keinginan pengguna. Pilihan lain dari bentuk bullet dapat dilihat pada bullet library seperti gambar

Contoh :
Teks asli yang belum diberi bullet.
Teks akhir setelah diberi fitur bullet.
F. Numbering
Simbol numbering () digunakan untuk memberikan nomor pada teks yang dipilih. Bentuk dan format penomoran dapat ditentukan oleh pengguna dengan memilih numbering library, seperti pada gambar

Contoh :
Teks Asli sebelum diberi fitur numbering
Setelah diberi format numbering :
G. Border
Simbol Border () digunakan untuk memberikan garis tepi pada teks yang dipilih. Posisi tepi yang akan diberikan garis dapat dipilih sesuai kebutuhan dengan memilih pada menu border. Hal ini dapat dilihat pada gambar
  • Editing
Pada menu editing tersedia fasilitas
A. Search
Simbol find () digunakan untuk menemukan teks yang diinginkan di dalam suatu dokumen. Untuk melakukan pencarian lebih detail, dapat dipilih menu advance find, yang dapat dilihat pada gambar 
Tampilan dari menu find dapat dilihat pada gambar berikut
B. Replace
Simbol Replace () digunakan untuk mengganti kata atau kalimat tertentu dengan kata atau kalimat baru. Tampilan untuk menu replace dapat dilihat pada gambar
C. Select
Simbol select () digunakan untuk memilih area yang dibutuhkan.

Tab Insert

Pada bagian ini, terdapat 7 bagian yang berhubungan dengan penyisipan sesuatu terhadap dokumen . Tampilan Tab Insert dapat dilihat pada gambar :
Penjelasan dari masing – masing bagian sebagai berikut :
  • Pages
Bagian ini berhubungan dengan dokumen yang sedang aktif digunakan.
A. Cover Page
Simbol cover page () digunakan untuk mebuat sampul suatu dokumen. Microsoft Word 2010 sudah menyediakan tampilan untuk sampul tersebut, tampilan ini dapat dilihat pada gambar
Pengguna dapat memilih tampilan yang dikehendaki, dan kemudian merubah teks yang ada dengan yang baru.
B. Blank Page




Symbol Bank Page () digunakan untuk menambah halaman kosong setelah halaman aktif.
C. Page Break
Simbol Page Break () digunakan untuk memecah halaman menjadi 2 halaman.
  • Tables

Pada bagian ini berhubungan dengan pembuatan dan pengelolaan tabel. Di dalamnya terdapat beberapa pilihan cara untuk membuat tabel.
A. Langsung menentukan banyaknya kolom dan baris yang dibutuhkan dengan cara menyeleksi tampilan tabel. Tampilan dapat dilihat pada gambar
B. Insert Table : pembuatan tabel dengan memasukkan banyaknya baris dan banyaknya kolom yang dibutuhkan secara manual. Tampilan menu insert tables dapat dilihat pada gambar
C. Draw Tables : Pembuatan tabel dimana penentuan baris dan kolom dilakukan secara langsung pada area kerja.
D. Quick Tables : Pembuatan tabel dimana format kolom, baris dan tampilan sudah disediakan oleh Microsoft word 2010.
Jika tabel sudah dibuat, akan muncul tampilan menu table tool seperti gambar
Gambar diatas digunakan untuk memodifikasi ataupun melakukan format terhadap tabel yang sudah dibuat.
  • llustrations

Pada bagian ini penyisipan dilakukan terhadap gambar, clip art, shapes, smartArt, chart dan screenshot. Tampilan dari illustration dapat dilihat pada gambar
Penjelasan dari masing – masing bagian sebagai berikut :
A. Picture
Simbol picture () digunakan untuk menyisipkan gambar. Gambar dapat berasal dari koleksi microsoft word ataupun dari koleksi pribadi yang tersimpan dalam media penyimpan pengguna. Setelah picture disisipkan, akan muncul menu format untuk picture tool seperti gambar
Format picture digunakan untuk memodifikasi dan melakukan format terhadap gambar yang sudah disisipkan ke dokumen
B. ClipArt
Simbol ClipArt () digunakan untuk menyisipkan clip art, termasuk di dalamnya hasil gambar, film atau video, suara, bahkan kumpulan koleksi foto pribadi.
C. Shapes
Simbol shapes () digunakan untuk menyisipkan bentuk-bentuk bidang ataupun bentuk yang lainnya. Pilihan shapes dapat dilihat pada gambar
D. Chart
Simbol chart () digunakan untuk menyisipkan grafik dari hasil pengolahan terhadap beberapa data.
E. Screenshot
Simbol Screenshot () merupakan fasilitas baru yang disediakan Microsoft word 2010. Fasilitas ini digunakan untuk mengambil gambar dalam hal ini tampilan jendela kerja pengguna. Pengambilan gambar bisa semua layar ataupun sebagian.
  • Links

Pada bagian ini, perintah dititik beratkan kepada hubungan antara teks yang dipilih dengan tujuan dari pemilihan teks. Contoh teks yang sudah diberi links dapat dilihat pada gambar
Teks yang sudah dilengkapi dengan links akan berubah menjadi berwarna biru dan ada garis dibagian bawah teks.
  • Header & Footer

Perintah Header dan Footer bertujuan untuk memberikan catatan terhadap dokumen yang aktif pada posisi atas dokumen (untuk header ) dan bawah dokumen (untuk footer ). Catatan yang diberikan dapat berupa teks atau tulisan dan dapat juga berupa angka.
Pada bagian ini terdapat juga page number () yang fungsinya untuk menyisipkan nomor pada dokumen yang aktif. Format penulisan nomor dan posisi nomor dapat dipilih sesuai kebutuhan seperti pada gambar
Untuk melakukan pengaturan penomoran halaman lebih lengkap, dapat memilih menu Page Number Format seperti pada gambar.
  • Text

Pada bagian ini, perintah dititik beratkan untuk pengaturan teks dan paragraf yang aktif.
A. WordArt
Simbol WordArt () digunakan untuk membuat tulisan dengan bentuk dan format yang lebih lengkap. Setelah menyisipkan WordArt, akan muncul menu format untuk mengatur teks yang sudah disisipkan. Menu format WordArt dapat dilihat pada gambar
Contoh hasil dari teks yang menggunakan WordArt seperti pada gambar
B. DropCap
Simbol DropCap () berfungsi untuk membuat satu huruf di dalam suatu paragraf akan berukuran lebih besar dibanding dengan huruf yang lain dan besarnya huruf mengikuti banyaknya baris yang diinginkan. Contoh dari dokumen yang diberi perintah dropcap dapat dilihat pada gambar
Untuk memilih banyaknya baris yang akan menjadi pendamping huruf yang di dropcap, dapat ditentukan dengan menentukannya melalui menu dropcap option seperti pada gambar
  • Symbols

Pada bagian ini, perintah dititikberatkan untuk meyisipkan rumus dan symbol-simbol lainnya.
A. Equation
Simbol equation () digunakan untuk memasukkan rumus-rumus matematika, kimia maupun fisika. Untuk mempermudah pengguna, sudah disedikan simbol-simbol khusus di rumus yang dapat langsung dipakai oleh pengguna seperti pada gambar
Contoh dari penggunaan equation dapat dilihat pada gambar 3.30.

Tab Page Layout

Pada bagian ini terdiri dari 5 blok perintah yaitu themes, page setup, Page Background, Paragraf, dan Arrange.
  • Themes

Bagian ini berisi perintah-perintah untuk melakukan bentuk terhadap tampilan dokumen yang dibuat. Perubahan ini meliputi perubahan warna, ukuran dan bentuk huruf, termasuk juga efek yang bisa diberikan terhadap suatu dokumen.
  • Page Setup

Berisi perintah untuk pengaturan kertas dan batas-batas tepinya.
A. Margins

Simbol margins () digunakan untuk menentukan batas tepi teks dengan batas kertas yang dipakai. Untuk menentukan secara manual, dapat dipilih menu custom margin seperti pada gambar
B. Orientations
Simbol orientation () digunakan untuk menentukan posisi kertas yang dipakai. Ada 2 pilihan yaitu Portrait dan Landscape. Portrait untuk posisi kertas tegak 90 derajad sedangkan landscape untuk posisi kertas 0 derajad.
C. Size
Simbol size () digunakan untuk menentukan ukuran kertas yang digunakan. Ukuran kertas bermacam-macam, diantaranya : A4, letter, Legal dan sebagainya.
D. Columns
Simbol columns () digunakan untuk membuat paragraf menjadi beberapa kolom. Untuk menentukan banyaknya kolom dapat dipilih langsung atau dapat juga dipilih menu more columns seperti pada gambar
Contoh paragraf yang sudah diberi format kolom sebanyak 2 kolom seperti pada gambar
  • Page Background

Pada bagian ini terdapat beberapa perintah utama yaitu :
A. Watermark
Simbol watermark () digunakan untuk memberikan tanda khusus pada dokumen. Biasanya digunakan untuk memberi tanda bahwa dokumen yang diberi watermark adalah asli. Untuk memberi watermark sesuai dengan keinginan dapat dipilih menu custom watermark seperti pada gambar
B. Page Color
Simbol page color () digunakan untuk memberikan warna pada dokumen yang sedang aktif.
C. Page Borders
Simbol page borders () digunakan untuk memberikan bingkai pada dokumen yang dipilih.
  • Paragraph

Pada bagian ini, perintah dilakukan untuk mengatur paragraph yang sedang aktif. Baik dalam hal jarak antar baris, posisi baris aktif dengan baris sebelumnya, dan sebagainya. Untuk mengatur lebih rinci dapat dilihat pada gambar
  • Arrange

Pada bagian arrange, tombol akan aktif jika dilakukan penyisipan suatu objek terhadap dokumen yang aktif.
A. Position
Simbol position () digunakan untuk menentukan posisi dari objek yang disisipkan terhadap dokumen yang aktif. Posisi disini dapat disebelah kiri atas dokumen, tengah atas dokumen, kanan atas dokumen, bawah kanan dokumen, dan sebagainya.
B. WrapText
Simbol WrapText () fungsinya sama dengan position yaitu menentukan posisi objek terhadap dokumen yang aktif. Tetapi terdapat perbedaan posisi yaitu : Inline with text, square dan sebagainya. Untuk mengatur leih detail, dapat dipilih menu layout seperti pada gambar
C. Rotate
Simbol rotate () digunakan untuk merubah posisi objek yang disisipkan. Pilihan rotate dapat dilihat pada gambar

Tab References

Pada tab References, disediakan fasilitas untuk pembuatan daftar isi secara otomatis, pemberian catatan kaki (footnotes), pembuatan daftar pustaka, pemberian keterangan gambar, daftar index dan table of authorities. Tampilan tab references dapat dilihat pada gambar
Uraian dari masing-masing bagian sebagai berikut :
  • Table Of Content

Bagian ini digunakan untuk pembuatan daftar isi dari suatu dokumen secara otomatis.
  • Footnotes

Bagian ini digunakan untuk memberikan catatan kaki terhadap kata-kata atau kalimat tertentu yang ada pada suatu dokumen.
  • Citations & Bibliography

Bagian ini digunakan untuk pembuatan daftar pustaka secara otomatis.
  • Captions

Biasanya pemberian keterangan terhadap gambar terjadi kesulitan, karena ada yang diulang – ulang atau bahkan terlewatkan. Bagian ini digunakan untuk pembuatan keterangan gambar secara otomatis.
  • Index

Bagian ini digunakan untuk membuat daftar index terhadap dokumen yang sudah dibuat. Pembuatan index biasanya digunakan pada penulisan ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah ataupun laporan tugas-tugas akhir mahasiswa.

Tab Mailings

Pada tab Mailings menyediakan fasilitas untuk membuat surat atau dokumen yang ditujukan untuk banyak tujuan atau biasa dikenal dengan sebutan surat berantai. Terdiri dari beberapa bagian yaitu create, start mail merge, write&insert fields, preview results, finish dan acrobat.
  • Create

Bagian ini untuk menentukan bentuk dari dokumen yang akan digunakan. Dokumen dapat berupa Envelopes ataupun Labels.
  • Start Mail Merge

Bagian ini berisi perintah untuk memulai membuat surat untuk tujuan banyak. Menunya dapat dilihat pada gambar
Penjelasan dari masing-masing bagian sebagai berikut :
A. Start Mail Merge
Simbol start mail merge () digunakan untuk memulai kegiatan penulisan surat atau dokumen. Pada bagian ini, langkah pertama adalah menentukan dokumen yang akan dibuat. Pilihan jenis dokumen dapat dilihat pada gambar
B. Select Recipients
Simbol Select Recipients () digunakan untuk menentukan tujuan dari surat yang dibuat. Tujuan surat dapat terdiri dari beberapa bagian. Misalnya, nama, alamat, kota dan lainnya.
C. Edit Recipients List
Simbol Edit Recipients List () digunakan untuk merubah dari tujuan surat, jika terjadi kesalahan. Dapat juga digunakan untuk menambah atau mengurangi tujuan dari surat.
  • Write & Insert Fields

Pada bagian ini terdapat beberapa symbol yang digunakan untuk melengkapi tujuan dari surat yang dibuat.
A. Highlight Merge Fields
Simbol ini digunakan untuk memberikan tanda terang pada bagian yang diinginkan. Biasanya dalam bentuk tulisan yang di blok.
B. Greeting Line
Simbol ini digunakan untuk memberikan awalan surat secara otomatis. Misalnya , kepada, to, dear, dan sebagainya.
C. Insert Merge Fields
Simbol ini digunakan untuk menyisipkan fields yang akan menyertai dari tujuan surat seperti yang diinginkan. Fields disini sama dengan fields yang diisi pada recipients.
  • Preview Results

Simbol Preview Result () digunakan utuk melihat tampilan atau hasil dari surat dan tujuan dari surat sebelum di cetak. Untuk melihat hasil surat dapat dilakukan dengan cara menekan tombol Prev atau Next pada bar yang disediakan, seperti pada gambar
  • Finish

Simbol ini digunakan untuk mengakhiri proses dari pembuatan surat berantai. Hasil akhirnya dapat dirupakan dalam bentuk email, langsung dicetak atapun dilakukan peng-edit-an terlebih dahulu terhadap hasil yang sudah diperoleh. Tampilan dari menu finish seperti pada gambar
  • Acrobat

Simbol ini digunakan untuk merubah dokumen ke dalam format pdf.

Tab Review

Pada bagian ini akan disediakan fasilitas untuk melakukan pengecekan terhadap susunan kata-kata, fasilitas perubahan bahasa atau translate, dan sebagainya. Tab review dapat dilihat pada gambar
Uraian dari masing-masing bagian sebagai berikut :
  • Proofing

Bagian ini menyediakan fasilitas untuk memeriksa penulisan terhadap suatu kalimat, pencarian terhadap sumber tertentu dan dapat juga menghitung jumlah kata yang ada dalam suatu dokumen.
  • Language

Bagian ini digunakan untuk melakukan pengubahan bahasa sebuah kata yang ada di dalam dokumen dari suatu Negara ke Negara yang lain. Misalnya dari bahasa inggris ke bahasa Belanda, dan sebagainya. Terdapat juga bagian untuk melakukan pengaturan terhadap bahasa yang dipakai.
  • Comments

Bagian ini digunakan untuk memberikan komentar terhadap dokumen yang sudah ada, menghapus komentar tersebut dan melakukan pengecekan terhadap komentar yang sudah ada. Biasanya pemberian komentar dilakukan oleh orang lain yang membaca dokumen yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan saran dan kritik terhadap dokumen yang dibuat.
  • Tracking

Bagian ini digunakan untuk mengetahui tahapan-tahapan dari perubahan yang sudah pernah dilakukan terhadap suatu dokumen.
  • 3.7.5. Changes

Bagian ini digunakan untuk menyetujui apakah suatu dokumen berubah atau tidak. Dengan cara memilih simbol Accept () untuk menyetujui dan simbol Reject () untuk kegiatan tidak menyetujui.
  • Compare

Apabila anda memiliki 2 dokumen atau lebih dan kebingungan dokumen mana yang lebih kompleks, anda dapat menggunakan fasilitas compare(). Simbol ini digunakan untuk membandingkan 2 dokumen atau lebih.
  • Protect

Bagian ini digunakan untuk memberikan pengamanan terhadap dokumen yang dibuat.

Tab View

Pada tab View, berhubungan dengan tampilan dokumen di layar monitor atau laray kerja anda. Tampilan tab view dapat dilihat pada gambar
Uraian dari masing-masing bagian sebagai berikut :
  • Documents Views

Pada bagian ini digunakan untuk menampilkan dokumen di layar kerja dalam beberapa bentuk.
a. Print Layout
Dokumen ditampilkan dalam bentuk siap dicetak.
b. Full Screen Reading
Dokumen ditampilkan dalam bentuk seperti buku bacaan, sehingga diharapkan akan mempermudah dalam membaca dan memberi komentar.
c. Web Layout
Dokumen ditampilkan dalam bentuk tampilan web.
d. Outline
Dokumen ditampilkan dalam bentuk outline, terdapat juga baian-bagian dari outline yang dibuat.
e. Draft
Dokumen ditampilkan dalam bentuk dratf, sehingga mempermudah dalam melakukan peng-edit-an. Pada tampilan ini, header dan footer akan dapat langsung diperbaiki atau dirubah.
  • Show

Pada bagian ini digunakan untuk menampilkan alat-alat yang mempermudah di dalam melakukan pengetikan. Misalnya ruler (penggaris/mistar), Grid (biasanya ditampilkan untuk keperluan menggambar) dan sebagainya.
  • Zoom

Bagian ini digunakan untuk menampilkan dokumen dalam ukuran yang diinginkan. Misalnya berkeinginan tampilan dokumen di layar penuh selebar layar, maka dapat dipilih 200%. Selain itu dapat juga dibuat tamplannya menjadi 1 halaman atau 2 halaman.
  • Window

Bagian ini digunakan untuk mengatur tampilan jendela layar kerja. Dapat digunakan untuk membagi layar dengan cara di split (), dapat terdiri dari beberapa jendela kerja, dan sebagainya.
  • Macros

Bagian ini digunakan untuk mengakses fasilitas macro yang disediakan oleh Microsoft Word 2010. Fasilitas macro digunakan jika pengguna berkeinginan untuk melakukan pengolahan data lebih lanjut dan lebih kompleks.

Tab Acrobat

Tab Acrobat digunakan untuk merubah dokumen yang ada menjadi dokumen dalam format PDF. Hal ini adalah fasilitas baru yang disediakan oleh Microsoft word 2010. Jika pada versi sebelumnya, untuk merubah dokumen menjadi bentuk PDF, maka dibutuhkan aplikasi lain untuk merubahnya.
Tab Acrobat dapat dilihat pada gambar
Selain dapat langsung menghasilkan file dalam format PDF, pada bagian ini juga dapat dilakukan pembuatan file format PDF dan langsung mengirimkan ke email seseorang yang dituju.

Mencetak Dokumen

Mencetak dokumen pada Microsoft word 2010, akan terdapat perubahan yang agak signifikan dibandingkan dengan Microsoft word sebelumnya. Terutama untuk tampilan print preview. Jika pada Microsoft word versi sebelum 2010, akan ada pilihan tab untuk menampilkannya, tetapi jika pada Microsoft word 2010, tampilan print preview akan langsung terlihat disamping dari tab print. Hal ini dapat dilihat pada gambar
Bagian-bagian dari menu print adalah sebagai berikut :
A. Print
Bagian print () digunakan untuk menentukan banyaknya jumlah cetakan yang dibutuhkan.
B. Printer
Simbol printer () digunakan untuk menentukan pilihan printer yang akan digunakan untuk mencetak.Printer dapat yang langsung terhubung dengan computer ataupun yang terhubung melalui jaringan computer.
C. Setting
Simbol setting digunakan untuk memilih bagian mana dari dokumen yang akan dicetak.Tampilan Setting dapat dilihat pada gambar
Keterangan dari masing-masing bagian adalah sebagai berikut :
 Print All Pages : Semua dokumen akan tercetak
 Print Current Page : Dokumen yang akan dicetak adalah dokumen yang sekarang sedang aktif, hal ini ditandai dengan dokumen yang berisi kursor yang aktif
 Print Custom Range : Dokumen yang akan dicetak dapat dipilih dari halaman barapa sampai halaman berapa. Misalnya dari halman 3-7.
D. Pages
Pada bagian ini sebetulnya sama dengan tab page layout, yaitu berhubungan dengan posisi kertas, ukuran kertas, batas kertas dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Lines Arrow