Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang mempunyai kemampuan proses pengetikan, formatting, penghapusan, penyimpanan dan sampai pencetakan dokumen.
Tampilan layar kerja dari micosoft word 2010 seperti pada gambar berikut.
2.Membuka & Menutup Dokumen
Berikut ini akan menerangkan setiap icon-icon atau perintah yang terdapat pada Ms. Word 2010.
Membuka Dokumen Baru
Untuk membuka dokumen baru dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :
1. Menggunakan kombinasi tombol Crtl+ N (Dalam hal ini menekan tombol Crtl bersamaan dengan menekan tombol huruf N)
Menyimpan Dokumen
Setelah melakukan pengetikan suatu dokumen, maka diperlukan penyimpanan
terhadap dokumen yang sudah dibuat. Sehingga jika suatu ketika doumen
tersebut dibutuhkan, maka dokumen dapat dibuka kembali. Cara menyimpan
dokumen ada beberapa cara, yaitu :
1. Menggunakan kombinasi tombol Ctrl+S
2. Pilih tab File, pilih Save
3. Langsung menekan symbol Disket pada bar kiri atas dokumen.
Jika dokumen belum pernah disimpan, maka akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut.
Langkah yang harus dilakukan adalah :
a. Menentukan lokasi penyimpanan, yaitu di Drive mana dokumen akan disimpan.
b. Memberi nama file pada dokumen.
c. Memilih type atau ekstensi dari file yang dibuat. Secara standart, Microsoft word 2010 akan memberikan pilihan .DOCX
Menyimpan Dokumen Dengan Nama Lain
Hal ini biasanya dilakukan untuk memberikan nama lain ataupun merubah
type ekstensi terhadap dokumen yang sudah pernah tersimpan. Langkah yang
dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Pilih tab File
b. Pilih Save As. Akan muncul tampilan kotak dialog save as seperti pada gambar
c. Pada file name : ketik nama baru yang diinginkan
d. Dapat juga dilakukan perubahan type dokumen yang ada
Membuka Dokumen yang sudah pernah disimpan
Untuk membuka dokumen yang sudah pernah disimpan dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :
Hal selanjutnya yang dilakukan adalah:
c. Memilih nama dokumen yang akan dibuka.
Menutup Dokumen
Untuk mengakhiri atau menutup dokumen yang sedang aktif dapat dilakukan
dengan cara: Memilih Tab File , kemudian pilih tombol CLOSE (
)
Menutup Aplikasi
Untuk keluar dari Microsoft Word 2010 dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :
3. Editing Dokumen
Pada Microsoft Word 2010, tampilan menu dibagi dalam beberapa bagian
yang disebut dengan tab. Terdapat 9 tab yang bisa digunakan yaitu :
File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View dan
Acrobat. Tampilan menu dapat dilihat pada gambar berikut
Penjelasan dari masing-masing tab sebagai berikut.
Tab File
Tab File merupakan fitur baru yang disediakan oleh Microsoft Word 2010
yang tidak disediakan Microsoft word versi 2007. Tab File berisi
perintah-perintah umum yang dilakukan terhadap suatu dokumen. Tampilan
tab File dapat dilihat pada gambar
Tab Home
Pada bagian ini, terdapat 5 bagian yang berhubungan dengan pengolahan
standart dokumen. Tampilan Tab Home dapat dilihat pada gambar
Penjelasan dari gambar sebagai berikut :
- Clipboard
Keterangan dari masing-masing simbol sebagai berikut :
A. Copy
B. Cut
C. Paste
D. Format Painter
Simbol format painter (
) digunakan untuk meng-copy hasil dari melakukan format terhadap suatu teks atau dokumen.
- Font
Keterangan dari masing-masing symbol sebagai berikut:
A. Bold
B. Italic
C. Underline
D. Font
Tombol Font (
)
digunakan untuk memilih jenis huruf yang digunakan. Jenis huruf yang
disediakan microsoft word sangat banyak, diantaranya dapat dilihat pada
gambar
E. Font Size
Tombol Fontsize () digunakan untuk merubah ukuran huruf yang digunakan.
Font yang disediakan microsoft word sampai 72 point. Pilihan font dapat
dilihat pada gambar
F. Font Color
Tombol Font Color () digunakan untuk memberikan warna pada tulisan yang
digunakan. Warna yang disediakan dapat dilihat pada gambar
Untuk pengaturan font lebih detail, dapat dilihat pada menu Font Detail seperti gambar
Pada gambar diatas terdapat pilihan untuk pemberian efek pada tulisan,
misalnya Strikethrough yang digunakan untuk memberikan coretan garis
pada teks yang dipilih.
- Paragraph
Pada bagian ini, terdapat bagian-bagian yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
A. Align Text Left
B. Center
C. Align Text Right
D. Justify
E. Bullet
Simbol Bullet (
)
digunakan untuk memberikan tanda atau symbol pada teks yang dipilih.
Bentuk symbol yang dipakai dapat dipilih sesuai dengan keinginan
pengguna. Pilihan lain dari bentuk bullet dapat dilihat pada bullet
library seperti gambar
Contoh :
Teks asli yang belum diberi bullet.
Teks akhir setelah diberi fitur bullet.
F. Numbering
Simbol numbering (
)
digunakan untuk memberikan nomor pada teks yang dipilih. Bentuk dan
format penomoran dapat ditentukan oleh pengguna dengan memilih numbering
library, seperti pada gambar
Contoh :
Teks Asli sebelum diberi fitur numbering
Setelah diberi format numbering :
G. Border
- Editing
Pada menu editing tersedia fasilitas
A. Search
Simbol find (
)
digunakan untuk menemukan teks yang diinginkan di dalam suatu dokumen.
Untuk melakukan pencarian lebih detail, dapat dipilih menu advance find,
yang dapat dilihat pada gambar
Tampilan dari menu find dapat dilihat pada gambar berikut
B. Replace
Simbol Replace (
)
digunakan untuk mengganti kata atau kalimat tertentu dengan kata atau
kalimat baru. Tampilan untuk menu replace dapat dilihat pada gambar
C. Select
Tab Insert
Pada bagian ini, terdapat 7 bagian yang berhubungan dengan penyisipan
sesuatu terhadap dokumen . Tampilan Tab Insert dapat dilihat pada gambar
:
Penjelasan dari masing – masing bagian sebagai berikut :
- Pages
Bagian ini berhubungan dengan dokumen yang sedang aktif digunakan.
A. Cover Page
Pengguna dapat memilih tampilan yang dikehendaki, dan kemudian merubah teks yang ada dengan yang baru.
B. Blank Page
C. Page Break
- Tables
Pada bagian ini berhubungan dengan pembuatan dan pengelolaan tabel. Di
dalamnya terdapat beberapa pilihan cara untuk membuat tabel.
A. Langsung menentukan banyaknya kolom dan baris yang dibutuhkan dengan
cara menyeleksi tampilan tabel. Tampilan dapat dilihat pada gambar
B. Insert Table : pembuatan tabel dengan memasukkan banyaknya baris dan
banyaknya kolom yang dibutuhkan secara manual. Tampilan menu insert
tables dapat dilihat pada gambar
C. Draw Tables : Pembuatan tabel dimana penentuan baris dan kolom dilakukan secara langsung pada area kerja.
D. Quick Tables : Pembuatan tabel dimana format kolom, baris dan tampilan sudah disediakan oleh Microsoft word 2010.
Jika tabel sudah dibuat, akan muncul tampilan menu table tool seperti gambar
Gambar diatas digunakan untuk memodifikasi ataupun melakukan format terhadap tabel yang sudah dibuat.
- llustrations
Pada bagian ini penyisipan dilakukan terhadap gambar, clip art, shapes,
smartArt, chart dan screenshot. Tampilan dari illustration dapat dilihat
pada gambar
Penjelasan dari masing – masing bagian sebagai berikut :
A. Picture
Simbol picture (
)
digunakan untuk menyisipkan gambar. Gambar dapat berasal dari koleksi
microsoft word ataupun dari koleksi pribadi yang tersimpan dalam media
penyimpan pengguna. Setelah picture disisipkan, akan muncul menu format
untuk picture tool seperti gambar
Format picture digunakan untuk memodifikasi dan melakukan format terhadap gambar yang sudah disisipkan ke dokumen
B. ClipArt
Simbol ClipArt (
)
digunakan untuk menyisipkan clip art, termasuk di dalamnya hasil
gambar, film atau video, suara, bahkan kumpulan koleksi foto pribadi.
C. Shapes
Simbol shapes (
) digunakan untuk menyisipkan bentuk-bentuk bidang ataupun bentuk yang lainnya. Pilihan shapes dapat dilihat pada gambar
D. Chart
E. Screenshot
Simbol Screenshot (
)
merupakan fasilitas baru yang disediakan Microsoft word 2010. Fasilitas
ini digunakan untuk mengambil gambar dalam hal ini tampilan jendela
kerja pengguna. Pengambilan gambar bisa semua layar ataupun sebagian.
- Links
Pada bagian ini, perintah dititik beratkan kepada hubungan antara teks
yang dipilih dengan tujuan dari pemilihan teks. Contoh teks yang sudah
diberi links dapat dilihat pada gambar
Teks yang sudah dilengkapi dengan links akan berubah menjadi berwarna biru dan ada garis dibagian bawah teks.
- Header & Footer
Perintah Header dan Footer bertujuan untuk memberikan catatan terhadap
dokumen yang aktif pada posisi atas dokumen (untuk header
) dan bawah dokumen (untuk footer
). Catatan yang diberikan dapat berupa teks atau tulisan dan dapat juga berupa angka.
Pada bagian ini terdapat juga page number (
)
yang fungsinya untuk menyisipkan nomor pada dokumen yang aktif. Format
penulisan nomor dan posisi nomor dapat dipilih sesuai kebutuhan seperti
pada gambar
Untuk melakukan pengaturan penomoran halaman lebih lengkap, dapat memilih menu Page Number Format seperti pada gambar.
- Text
Pada bagian ini, perintah dititik beratkan untuk pengaturan teks dan paragraf yang aktif.
A. WordArt
Simbol WordArt (
)
digunakan untuk membuat tulisan dengan bentuk dan format yang lebih
lengkap. Setelah menyisipkan WordArt, akan muncul menu format untuk
mengatur teks yang sudah disisipkan. Menu format WordArt dapat dilihat
pada gambar
Contoh hasil dari teks yang menggunakan WordArt seperti pada gambar
B. DropCap
Simbol DropCap (
)
berfungsi untuk membuat satu huruf di dalam suatu paragraf akan
berukuran lebih besar dibanding dengan huruf yang lain dan besarnya
huruf mengikuti banyaknya baris yang diinginkan. Contoh dari dokumen
yang diberi perintah dropcap dapat dilihat pada gambar
Untuk memilih banyaknya baris yang akan menjadi pendamping huruf yang di
dropcap, dapat ditentukan dengan menentukannya melalui menu dropcap
option seperti pada gambar
- Symbols
Pada bagian ini, perintah dititikberatkan untuk meyisipkan rumus dan symbol-simbol lainnya.
A. Equation
Simbol equation (
)
digunakan untuk memasukkan rumus-rumus matematika, kimia maupun fisika.
Untuk mempermudah pengguna, sudah disedikan simbol-simbol khusus di
rumus yang dapat langsung dipakai oleh pengguna seperti pada gambar
Contoh dari penggunaan equation dapat dilihat pada gambar 3.30.
Tab Page Layout
Pada bagian ini terdiri dari 5 blok perintah yaitu themes, page setup, Page Background, Paragraf, dan Arrange.
- Themes
Bagian ini berisi perintah-perintah untuk melakukan bentuk terhadap
tampilan dokumen yang dibuat. Perubahan ini meliputi perubahan warna,
ukuran dan bentuk huruf, termasuk juga efek yang bisa diberikan terhadap
suatu dokumen.
- Page Setup
Berisi perintah untuk pengaturan kertas dan batas-batas tepinya.
A. Margins
Simbol margins (
)
digunakan untuk menentukan batas tepi teks dengan batas kertas yang
dipakai. Untuk menentukan secara manual, dapat dipilih menu custom
margin seperti pada gambar
B. Orientations
Simbol orientation (
)
digunakan untuk menentukan posisi kertas yang dipakai. Ada 2 pilihan
yaitu Portrait dan Landscape. Portrait untuk posisi kertas tegak 90
derajad sedangkan landscape untuk posisi kertas 0 derajad.
C. Size
Simbol size (
)
digunakan untuk menentukan ukuran kertas yang digunakan. Ukuran kertas
bermacam-macam, diantaranya : A4, letter, Legal dan sebagainya.
D. Columns
Simbol columns (
)
digunakan untuk membuat paragraf menjadi beberapa kolom. Untuk
menentukan banyaknya kolom dapat dipilih langsung atau dapat juga
dipilih menu more columns seperti pada gambar
Contoh paragraf yang sudah diberi format kolom sebanyak 2 kolom seperti pada gambar
- Page Background
Pada bagian ini terdapat beberapa perintah utama yaitu :
A. Watermark
Simbol watermark (
)
digunakan untuk memberikan tanda khusus pada dokumen. Biasanya
digunakan untuk memberi tanda bahwa dokumen yang diberi watermark adalah
asli. Untuk memberi watermark sesuai dengan keinginan dapat dipilih
menu custom watermark seperti pada gambar
B. Page Color
C. Page Borders
- Paragraph
Pada bagian ini, perintah dilakukan untuk mengatur paragraph yang sedang
aktif. Baik dalam hal jarak antar baris, posisi baris aktif dengan
baris sebelumnya, dan sebagainya. Untuk mengatur lebih rinci dapat
dilihat pada gambar
- Arrange
Pada bagian arrange, tombol akan aktif jika dilakukan penyisipan suatu objek terhadap dokumen yang aktif.
A. Position
Simbol position (
)
digunakan untuk menentukan posisi dari objek yang disisipkan terhadap
dokumen yang aktif. Posisi disini dapat disebelah kiri atas dokumen,
tengah atas dokumen, kanan atas dokumen, bawah kanan dokumen, dan
sebagainya.
B. WrapText
Simbol WrapText (
)
fungsinya sama dengan position yaitu menentukan posisi objek terhadap
dokumen yang aktif. Tetapi terdapat perbedaan posisi yaitu : Inline with
text, square dan sebagainya. Untuk mengatur leih detail, dapat dipilih
menu layout seperti pada gambar
C. Rotate
Simbol rotate (
) digunakan untuk merubah posisi objek yang disisipkan. Pilihan rotate dapat dilihat pada gambar
Tab References
Pada tab References, disediakan fasilitas untuk pembuatan daftar isi
secara otomatis, pemberian catatan kaki (footnotes), pembuatan daftar
pustaka, pemberian keterangan gambar, daftar index dan table of
authorities. Tampilan tab references dapat dilihat pada gambar
Uraian dari masing-masing bagian sebagai berikut :
- Table Of Content
Bagian ini digunakan untuk pembuatan daftar isi dari suatu dokumen secara otomatis.
- Footnotes
Bagian ini digunakan untuk memberikan catatan kaki terhadap kata-kata atau kalimat tertentu yang ada pada suatu dokumen.
- Citations & Bibliography
Bagian ini digunakan untuk pembuatan daftar pustaka secara otomatis.
- Captions
Biasanya pemberian keterangan terhadap gambar terjadi kesulitan, karena
ada yang diulang – ulang atau bahkan terlewatkan. Bagian ini digunakan
untuk pembuatan keterangan gambar secara otomatis.
- Index
Bagian ini digunakan untuk membuat daftar index terhadap dokumen yang
sudah dibuat. Pembuatan index biasanya digunakan pada penulisan ilmiah
dalam bentuk jurnal ilmiah ataupun laporan tugas-tugas akhir mahasiswa.
Tab Mailings
Pada tab Mailings menyediakan fasilitas untuk membuat surat atau dokumen
yang ditujukan untuk banyak tujuan atau biasa dikenal dengan sebutan
surat berantai. Terdiri dari beberapa bagian yaitu create, start mail
merge, write&insert fields, preview results, finish dan acrobat.
- Create
Bagian ini untuk menentukan bentuk dari dokumen yang akan digunakan. Dokumen dapat berupa Envelopes ataupun Labels.
- Start Mail Merge
Bagian ini berisi perintah untuk memulai membuat surat untuk tujuan banyak. Menunya dapat dilihat pada gambar
Penjelasan dari masing-masing bagian sebagai berikut :
A. Start Mail Merge
Simbol start mail merge (
)
digunakan untuk memulai kegiatan penulisan surat atau dokumen. Pada
bagian ini, langkah pertama adalah menentukan dokumen yang akan dibuat.
Pilihan jenis dokumen dapat dilihat pada gambar
B. Select Recipients
Simbol Select Recipients (
)
digunakan untuk menentukan tujuan dari surat yang dibuat. Tujuan surat
dapat terdiri dari beberapa bagian. Misalnya, nama, alamat, kota dan
lainnya.
C. Edit Recipients List
Simbol Edit Recipients List (
)
digunakan untuk merubah dari tujuan surat, jika terjadi kesalahan.
Dapat juga digunakan untuk menambah atau mengurangi tujuan dari surat.
- Write & Insert Fields
Pada bagian ini terdapat beberapa symbol yang digunakan untuk melengkapi tujuan dari surat yang dibuat.
A. Highlight Merge Fields
Simbol ini digunakan untuk memberikan tanda terang pada bagian yang diinginkan. Biasanya dalam bentuk tulisan yang di blok.
B. Greeting Line
Simbol ini digunakan untuk memberikan awalan surat secara otomatis. Misalnya , kepada, to, dear, dan sebagainya.
C. Insert Merge Fields
Simbol ini digunakan untuk menyisipkan fields yang akan menyertai dari
tujuan surat seperti yang diinginkan. Fields disini sama dengan fields
yang diisi pada recipients.
- Preview Results
Simbol Preview Result (
)
digunakan utuk melihat tampilan atau hasil dari surat dan tujuan dari
surat sebelum di cetak. Untuk melihat hasil surat dapat dilakukan dengan
cara menekan tombol Prev atau Next pada bar yang disediakan, seperti
pada gambar
- Finish
Simbol ini digunakan untuk mengakhiri proses dari pembuatan surat
berantai. Hasil akhirnya dapat dirupakan dalam bentuk email, langsung
dicetak atapun dilakukan peng-edit-an terlebih dahulu terhadap hasil
yang sudah diperoleh. Tampilan dari menu finish seperti pada gambar
- Acrobat
Simbol ini digunakan untuk merubah dokumen ke dalam format pdf.
Tab Review
Pada bagian ini akan disediakan fasilitas untuk melakukan pengecekan
terhadap susunan kata-kata, fasilitas perubahan bahasa atau translate,
dan sebagainya. Tab review dapat dilihat pada gambar
Uraian dari masing-masing bagian sebagai berikut :
- Proofing
Bagian ini menyediakan fasilitas untuk memeriksa penulisan terhadap
suatu kalimat, pencarian terhadap sumber tertentu dan dapat juga
menghitung jumlah kata yang ada dalam suatu dokumen.
- Language
Bagian ini digunakan untuk melakukan pengubahan bahasa sebuah kata yang
ada di dalam dokumen dari suatu Negara ke Negara yang lain. Misalnya
dari bahasa inggris ke bahasa Belanda, dan sebagainya. Terdapat juga
bagian untuk melakukan pengaturan terhadap bahasa yang dipakai.
- Comments
Bagian ini digunakan untuk memberikan komentar terhadap dokumen yang
sudah ada, menghapus komentar tersebut dan melakukan pengecekan terhadap
komentar yang sudah ada. Biasanya pemberian komentar dilakukan oleh
orang lain yang membaca dokumen yang dibuat dengan tujuan untuk
memberikan saran dan kritik terhadap dokumen yang dibuat.
- Tracking
Bagian ini digunakan untuk mengetahui tahapan-tahapan dari perubahan yang sudah pernah dilakukan terhadap suatu dokumen.
- 3.7.5. Changes
Bagian ini digunakan untuk menyetujui apakah suatu dokumen berubah atau tidak. Dengan cara memilih simbol Accept (
) untuk menyetujui dan simbol Reject (
) untuk kegiatan tidak menyetujui.
- Compare
Apabila anda memiliki 2 dokumen atau lebih dan kebingungan dokumen mana
yang lebih kompleks, anda dapat menggunakan fasilitas compare(
). Simbol ini digunakan untuk membandingkan 2 dokumen atau lebih.
- Protect
Bagian ini digunakan untuk memberikan pengamanan terhadap dokumen yang dibuat.
Tab View
Pada tab View, berhubungan dengan tampilan dokumen di layar monitor atau
laray kerja anda. Tampilan tab view dapat dilihat pada gambar
Uraian dari masing-masing bagian sebagai berikut :
- Documents Views
Pada bagian ini digunakan untuk menampilkan dokumen di layar kerja dalam beberapa bentuk.
a. Print Layout
Dokumen ditampilkan dalam bentuk siap dicetak.
b. Full Screen Reading
Dokumen ditampilkan dalam bentuk seperti buku bacaan, sehingga diharapkan akan mempermudah dalam membaca dan memberi komentar.
c. Web Layout
Dokumen ditampilkan dalam bentuk tampilan web.
d. Outline
Dokumen ditampilkan dalam bentuk outline, terdapat juga baian-bagian dari outline yang dibuat.
e. Draft
Dokumen ditampilkan dalam bentuk dratf, sehingga mempermudah dalam
melakukan peng-edit-an. Pada tampilan ini, header dan footer akan dapat
langsung diperbaiki atau dirubah.
- Show
Pada bagian ini digunakan untuk menampilkan alat-alat yang mempermudah
di dalam melakukan pengetikan. Misalnya ruler (penggaris/mistar), Grid
(biasanya ditampilkan untuk keperluan menggambar) dan sebagainya.
- Zoom
Bagian ini digunakan untuk menampilkan dokumen dalam ukuran yang
diinginkan. Misalnya berkeinginan tampilan dokumen di layar penuh
selebar layar, maka dapat dipilih 200%. Selain itu dapat juga dibuat
tamplannya menjadi 1 halaman atau 2 halaman.
- Window
Bagian ini digunakan untuk mengatur tampilan jendela layar kerja. Dapat digunakan untuk membagi layar dengan cara di split (
), dapat terdiri dari beberapa jendela kerja, dan sebagainya.
- Macros
Bagian ini digunakan untuk mengakses fasilitas macro yang disediakan
oleh Microsoft Word 2010. Fasilitas macro digunakan jika pengguna
berkeinginan untuk melakukan pengolahan data lebih lanjut dan lebih
kompleks.
Tab Acrobat
Tab Acrobat digunakan untuk merubah dokumen yang ada menjadi dokumen
dalam format PDF. Hal ini adalah fasilitas baru yang disediakan oleh
Microsoft word 2010. Jika pada versi sebelumnya, untuk merubah dokumen
menjadi bentuk PDF, maka dibutuhkan aplikasi lain untuk merubahnya.
Tab Acrobat dapat dilihat pada gambar
Selain dapat langsung menghasilkan file dalam format PDF, pada bagian
ini juga dapat dilakukan pembuatan file format PDF dan langsung
mengirimkan ke email seseorang yang dituju.
Mencetak Dokumen
Mencetak dokumen pada Microsoft word 2010, akan terdapat perubahan yang
agak signifikan dibandingkan dengan Microsoft word sebelumnya. Terutama
untuk tampilan print preview. Jika pada Microsoft word versi sebelum
2010, akan ada pilihan tab untuk menampilkannya, tetapi jika pada
Microsoft word 2010, tampilan print preview akan langsung terlihat
disamping dari tab print. Hal ini dapat dilihat pada gambar
Bagian-bagian dari menu print adalah sebagai berikut :
A. Print
B. Printer
Simbol printer (
)
digunakan untuk menentukan pilihan printer yang akan digunakan untuk
mencetak.Printer dapat yang langsung terhubung dengan computer ataupun
yang terhubung melalui jaringan computer.
C. Setting
Simbol setting digunakan untuk memilih bagian mana dari dokumen yang akan dicetak.Tampilan Setting dapat dilihat pada gambar
Keterangan dari masing-masing bagian adalah sebagai berikut :
Print All Pages : Semua dokumen akan tercetak
Print Current Page : Dokumen yang akan dicetak adalah dokumen yang
sekarang sedang aktif, hal ini ditandai dengan dokumen yang berisi
kursor yang aktif
Print Custom Range : Dokumen yang akan dicetak dapat dipilih dari
halaman barapa sampai halaman berapa. Misalnya dari halman 3-7.
D. Pages
Pada bagian ini sebetulnya sama dengan tab page layout, yaitu
berhubungan dengan posisi kertas, ukuran kertas, batas kertas dan
sebagainya.
0 komentar:
Posting Komentar